Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

Tuesday, March 14, 2017

Rilis, Game Android Petualangan Arengga

Setelah sebelumnya telah dirilis game simpaybola, yang merupakan game android pertama yang aku bikin .Akhirnya sekarang yang ditungu-tunggu rilis juga. Aayo apa? yup.. game Petualangan Arengga kini telah bisa di download secara gratis disini. Game yang bergendre adventure ini adalah game buatanku semenjak tugas skripsiku dulu. Berawal ketertarikan di bidang pemrograman dan desin, sampailah pada proses perenungan dan pengkonsepan hingga ahirnya bisa dieksekusi mati sampe jadi. Proses pembuatan game ini ada beberapa tahap. mau tahu? Oke, langsung aja nih aku bagi tahapannya, diantaranya adalah.

 
  • Menentukan ide game 
Menentukan ide game merupakan tahapan yang paling penting untuk memulai membuat sebuah game. Ide game meliputi pertanyaan teantang bagaimana game dimainkan, bercerita tentang apa , adakah tujuan yang ingin disampaikan, siapa saja yang akan memainkan game tersebut. Keberhasilah sebuah game dipengaruhi ide yang terkonsep dan implementasi.

  • Design treatment
Design treatment merupakan sebuah istilah desain yang mengandung pengertian analisis tentang produk apa yang akan dibuat dan apa yang dibutuhkan untuk membuatnya. Pada tahapan ini sebuah ide harus melaui proses analisis sehingga bisa ditentukan secara detil karakteristik game yang akan dibuat. Proses analisisyang harus dilalui diantaranya adalah: Kategori dan Fitur,  Siapakah target pemain game, Setting apa yang akan diberikan kepada pemain, apakah bernuansa klasik , tradisional, futuristik atau benar-benar sesuatu yang baru?.,Akan dibagi menjadi berapa level, ceritanya akan dibagi menjadi berapa scene?, Bagaimana tampilan visual yang akan diwujudkan, apakah 3D ,2D atau keduanya? Seberapa detil? Bertipe vektor ,pixelart,bitmap 32bit atau prerender?, Adakah fitur pembeda dengan game sejenis yang telah ada. Adakah sistem hadiah untuk pemain sebagai penarik minat dalam bermain game yang akan dibuat?.


  • Game assets development phase
Tahapan ini adalah tahap penentuan dan pemisahan asset yang akan digunakan baik itu visual maupun audio. Asset yang akan dibuat dikategorikan terlebih dahulu antara desain karakter, background image, user interface ,sound effect , jenis huruf dan blok-blok program. Ini dimaksudkan untuk memudahkan saat semua komponen diintegrasikan dalam satu paket projek game.
  • Programming phase
Pada tahap ini dibutuhkan ketelitian tinggi dari seorang programmer. Kode yang dibuat oleh programmer harus efektif,efisien dan sesuai dengan workflow atau flowchart yang telah ditentukan. Logika-logika yang mendasari penulisan sintaksis kode program harus terhindar dari bug.Disamping itu tahap ini juga merupakan tahap pembuatan prototype game. Prototype ini bisa dengan mudah diintegrasikan dengan komponen-komponen grafis, animasi, user interface dan sound.


  • Testing phase
Tahap pengetesan adalah tahap pengumpulan informasi untuk memperbaiki segala kesalahan desain dan kesalahan pemrograman. Tahapan ini diperlukan sebagai bantuk quality control dari game yang dibuat. Dari tahapan ini akan diketahui berbagai kesalahan dan kekurangan game secara keseluruhan. Hasil dari pengetesan ini pada akhirnya akan diketahui apakah game yang dibuat terlalu sulit atau terlalu mudah.
  • Post mortem
Setelah semua tahap-tahap terpenuhi , maka game yang dibuat siap dilepas ke pasar atau diistilahkan publishing. Setelah gamedi publish pada waktu tertentu maka developer gameakan menerima feedback berupa komentar, saran dan kritik. Hal ini adalah feedback positif untuk pengembangan game setelahnya

Nah udah tahu kan tahapan diatas. Skrg tinggal eksekusi aja bikin game. atau kalo gak suka bikin yaudah main gamenya aja. oow ow.. balik lagi ke paragraf awal tentang Petualangan Arengga. 



Menu Display Petualangan Arengga





Game ini bisa dibilang game adventure semi RPG. Gabungan adeventure platformer kaya mariobros dengan game Zelda. Gameplay Petualangan Arengga ini sangat simple (hanya..cie hanya) berjalan menyusuri setiap level game, disetiap level ada misi atau quest yang harus diselesaikan. Quest tersebut bisa berupa tugas mengumpulkan item atau berkelahi melawan musuh. Endingnya musuh kalang kabut dan Si Arengga ini mendapat reward berupa penghargaan dari Perwira Pajajaran. Kenapa Pajajaran? tentunya karenya game ini berlatar cerita tentang peristiwa di jaman Pajajaran dulu. Ok penasaran? langsung mainkan dan download gamenya.



Game Stage Petualangan Arengga

Tunggu apalagi rasakan perjalanan menegangkan dan mengasikkan bersama Petualangan Arengga!



No comments :
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !